Seni Rupa : Pengertian, Unsur-unsur dan Jenisnya

Pameran Seni 2018

Pengertian Seni Rupa,

          Seni Rupa (fineart) adalah sebuah cabang seni yang membentuk hasil karya seni yang dapat dilihat maupun dengan indera peraba. Berbicara soal seni memang tidak ada batas, seringkali kita menjumpai karya seni yang didalamnya mengandung sebuah keindahan dan keunikan yang bisa kita nikmati dari karya seni itu sendiri.

          Seperti contoh suatu hasil karya pelukis yang di ekspresikan dengan macam bentuk imajinasi pelukis tersebut yang menghasilkan sebuah lukisan yang elok dipandang dengan perpaduan warna-warna artistic yang indah.
          
          Beberapa orang penikmat karya seni adalah mereka yang mendalami arti jiwa artistic dari hasil karya seni itu sendiri. Jika anda tertarik untuk belajar apa itu seni rupa? berikut kami jelaskan dengan baik,yuk simak sampai habis.


Unsur-unsur Seni Rupa,

          Di dalam seni rupa juga mempunyai unsur unsur seni rupa,berikut unsur-unsurnya;

1. Titik,
   Merupakan unsur yang terkecil dan awal mula ide seni akan diciptakan. Titik juga dapat dipadukan dengan beberapa variasi warna dan akan menghasilkan sebuah kombinasi karya seni yang elok, itu juga termasuk Teknik pointilisme.

2. Garis,
   Menurut jenisnya, garis dapat dibedakan menjadi lurus, melengkung, panjang, pendek, horisontal, vertikal, diagonal, berombak, putus-putus, patah, garis spiral dan Iain-Iain. Efek dari baris yang berbeda dapat bervariasi, seperti garis-garis lurus yang efektif tegak dan keras, garis lengkung yang lembut dan fleksibel, garis efektif kaku, dan garis spiral secara efektif kenyal.

3. Bidang,
   Bidang adalah pengembangan garis yang membatasi bentuk sehingga membentuk medan yang mengelilingi dari beberapa sisi. Bidang memiliki sisi panjang dan lebar dan memiliki ukuran.

4. Bentuk,
   Formulir juga dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:A. Bentuk-bentuk geometrisbentuk-bentuk geometris adalah bentuk mengukur ilmu termasuk:-Kubistis formulir, mis. kubus dan balok.Bentuk -Cylindrical, misalnya tabung, kerucut, dan bola.B. Bentuk Nongeometris      Bentuk bentuk yang meniru bentuk alam, seperti manusia, tumbuhan, dan hewan.

5. Ruang,
   Ruang dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: ruang dalam bentuk nyata, misalnya ruang di kamar, ruangan di patung. Ruang dalam bentuk ilusi, seperti ruang terkesan dengan lukisan.

6. Warna,
   Kesan yang timbul dari pantulan cahaya pada mata disebut warna. Warna dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:Utama atau primer warna, yang merupakan warna tidak berasal dari warna apapun, termasuk merah, kuning, dan warna biru.

7. Tekstur,
   Tekstur adalah sifat dan keadaan permukaan lapangan atau permukaan sepotong dalam sebuah karya seni rupa. Setiap objek memiliki sifat permukaan yang berbeda. Tekstur dibedakan menjadi tekstur nyata dan tekstur palsu. Tekstur nyata adalah nilai taktil yang sama antara visi dan mengaum. Sementara pseudo tekstur kesan yang berbeda antara visi dan nuansa.

8. Gelap terang,
  Sebuah objek dapat memiliki intensitas cahaya yang berbeda pada masing-masing bagian. Demikian pula, dalam karya seni baik. Seperti lukisan pemandangan alam. Perbedaan intensitas cahaya akan menimbulkan kesan yang mendalam.



Jenis Seni Rupa


Jenis pameran Seni RupaBerikut adalah beberapa jenis pameran seni rupa, seperti berikut ini:

1. Menurut jumlah peserta 
-Solo pameran, adalah pameran seni rupa yang hanya diadakan secara individual (individual).
-Pameran kelompok, adalah pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh campuran saniman atau pengrajin.

2. Menurut sifatnya Pameran insidental, pameran seni rupa yang diselenggarakan secara periodik berdasarkan kebutuhan yang ada, misalnya: pameran Kaligrafi untuk memenuhi perayaan Isro 'Mi'raj.pameran biasa, yang pameran seni rupa yang diselenggarakan dalam jangka waktu tertentu secara tetap dan terus menerus, misalnya: pertunjukan seni dilakukan setiap akhir semester.pameran permanen, yang pameran seni yang diadakan secara terbuka, tetap dan terus menerus.

3. Menurut berbagai karya diadakanSebuah pameran homogen, pameran seni rupa yang memamerkan berbagai jenis karya seni rupa.Sebuah pameran heterogen, pameran seni rupa yang menampilkan jenis seragam kerja seni rupa.

4. Menurut tempatTerbuka Pamaran, pameran seni rupa yang berlangsung di luar ruangan di luar daerah.Sebuah pameran tertutup, yang merupakan pameran seni rupa yang berlangsung di ruang bangunan.Pameran ini bergerak, yang merupakan pameran seni rupa yang diselenggarakan menggunakan alat bergerak, seperti kendaraan / mobil.

5. Menurut dimensi seni rupaDua dimensi pameran seni rupa Pameran yang menyajikan hanya karya seni baik pada bidang datar seperti menggambar, melukis, seni grafis. pekerjaan ini hanya bisa dinikmati dari satu arah.Tiga-dimensi pameran seni rupaPameran yang hanya menyajikan karya seni yang memiliki sebenarnya volume / kesan ruang, yaitu memiliki ukuran panjang x Lebar x tinggi. Karya seni ini dapat diamati dari berbagai arah.



          Itu semua adalah penjelasan yang dapat kami berikan semoga bermanfaat untuk kalian,Terima kasih


Baca juga :

https://simplenoizy.blogspot.com/2019/12/penjelasan-seni-rupa-3-dimensi.html

0 Response to "Seni Rupa : Pengertian, Unsur-unsur dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel