Prosedur Pementasan Teater, Dan Penjelasan Teknik Seni Teater Dan Prosedur Berkarya Seni Teater

 
 
Pementasan teater modern pada dasarnya ialah cerita yang bahannya termotivasi dari peristiwa tiap hari ataupun dapat pula mengaopsi karya sastra. Salah satu tahapan dalam Pementasan Teater Modern merupakan persiapan yang dicoba pada fase Pra Pementasan. Pada masa pra pementasan, teater modern terdiri atas persiapan pekerjaan penciptaan serta persiapan pekerjaan artistik. Berikut kami paparkan modul menimpa pra pementasan teater modern.

A. Persiapan Pekerjaan Produksi

Persiapan- persiapan yang dicoba bagian penciptaan prapementasan merupakan bagaikan berikut:
 
Pimpinan penciptaan, membenarkan seluruh alur tugas berjalan dengan mudah sehingga pementasan sukses terlaksana.

Sekretaris penciptaan, meter endampingi pimpinan penciptaan sebab tugasnya terpaut langsung dengan pesan menyurat baik itu buat peminjaman ruang latihan, gedung pementasan, dan perlengkapan, serta peralatan pendukung pementasan yang lain.

Bendahara penciptaan, membenarkan serta bertanggung jawab terhadap neraca keuangan sepanjang pementasan berjalan dengan mudah. Bendahara pula harus mempersiapkan laporan keuangan pementasan yang umumnya hendak diberikan kepada para pemberi sponsor.

Koordinator latihan, mengendalikan agenda, membenarkan pemain tiba pas waktu, dan mempersiapkan keperfuan pendukung latihan yang lain.

Koordinator publikasi, berupaya buat menarik pemirsa dengan bermacam intrik serta metode supaya pada dikala penerapan dilikuti oleh banyak audiens serta meriah.

Koordinator dana serta usaha. Pementasan teater pula hendak susah berjalan apabila tidak terdapat dana pendukung. Dikala ini mencari sponsor pementasan teater sangat susah, kecuali untuk teater yang telah mempunyai tokoh populer serta nama besar. Jadi, perlu seseorang koordinator dana serta usaha yang cakap buat membenarkan kelancaran persiapan pementasan teater.

Koordinator peralatan, mempersiapkan peralatan pendukung buat pementasan teater.

Koordinator dokumentasi Seseorang pemain hendak mencari- cari koordinator dokumentasi dalam 10 tahun mendatang sehabis pementasan cuma buat memandang momen kala pemain beraksi di atas panggung. Jadi, tugas koordinator sangat berarti dalam membuat dokumentasi

Koordinator ticketing Tugasnya mengurus tiket, bukanlah gampang. Tugasnya antara lain berkoordinasi dengan owner gedung pertunjukan, membenarkan tiket tercetak dengan balk cocok jumlah sofa pemirsa, menjual tiket, mengendalikan posisi pemirsa, memberi tahu hasil penjualan ke bendahara, dan melayani para pemirsa yang bertanya.

Koordinator mengkonsumsi Koordinator mengkonsumsi sangat mulia sebab menyangkut hidup para pemain serta kru guna menjamin mereka senantiasa sehat serta bertenaga.

B. Persiapan Pekerjaan Artistik

Persiapan yang dicoba pekerjaan regu artistik, antara lain bagaikan berikut:
Kemampuan lakon Tiap seniman yang bergerak di bidang teater baik tersebut pengarang/ penulis lakon, sutradara, pemain, serta segala staf penciptaan dikala masa persiapan teater wajib menguasai serta memahami dramaturgi. Dramaturgi merupakan ilmu yang menekuni tentang drama yang bertolak dari sesuatu lakon yang hendak dipertunjukan di atas panggung. Lakon dalam sebutan teater merupakan suatu hasil karya sastra yang berupa cerita spesial disusun buat keperluan pementasan ataupun pertunjukan.

Kemampuan kedudukan Kemampuan serta penghayatan kedudukan dalam suatu drama untuk sebagian orang dikira tidak gampang sebab keluar dari kehidupan yang biasa dicoba. Bila keluar dari kehidupan membuat aktor kurang menghayati serta penjiwaan kedudukan yang dibawakan, hingga kedudukan tersebut hendak nampak tidak normal ataupun nampak kebohongannya. Di mari kedudukan sutradara sangat dibutuhkan buat memusatkan aktor dalam kemampuan kedudukannya.

Kemampuan artistik Regu artistik pada dikala persiapan pentas teater bertanggung jawab pada totalitas penampakan visual serta metode komunikasi visual dicoba, membentuk mood tertentu, unsur- unsur kontras, serta energi tarik psikologis pada pemirsa. Penata artistik membuat keputusan menimpa elemen visual yang dipergunakan, style artistik yang dipakai, serta waktu gerakan yang digunakan.
 
Teater bagaikan hasil karya( seni) ialah satu kesatuan yang utuh antara manusia bagaikan faktor utama dengan faktor penunjang serta penjalinannya

Makna kata teater antara lain:
  • Secara etimologis: teater merupakan gedung pertunjukan/ auditorium
  • Dalam makna luas: teater merupakan drama

Penokohan dalam teater:
  • Protagonis
  • AntagonisDeutragonis
  • Tritagonis
  • Foil
  • Utility

Tipe kepribadian dalam teater:
  • Flat character( perwatakan dasar) 
  • Round character( perwatakan bundar)
  • TeatrikalKarikartural

Jenis- jenis teater:
  • Teater rakyat. Gunanya bagaikan pemanggil kekuatan gaib, menjemput roh pelindung utk muncul di pertunjukan dll.
  • Teater keraton
  • Teater urban ataupun kota kotaTeater kontemporer

Metode seni teater:
  • Konsentrasi. Pemusatan benak ialah latihan yg berarti, bertujuan supaya aktor dpt jadi kedudukan yang dibawakan
  • Ingatan emosi. The transfer of emotion ialah metode efisien utk menghayati atmosfer emosi kedudukan secara hidup normal serta nyata
  • Laku dramatik. Bertingkah laku serta berdialog bukan sbg dirinya sendiri, namun sbg pemeranPembangunan sifat. Pembangunan sifat didahului dengan menelaah struktur raga setelah itu mengenali serta menghidupkan sifat itu

Prosedur berkarya seni teater
  • Mempersiapkan naskah teater
  • Memastikan aktor/ pemain
  • Mempersiapkan tata rias
  • Mempersiapkan tata busana
  • Mempersiapkan tata lampu
  • Mempersiapkan tata suara
  • Mengendalikan kondisi pemirsa 
 
Demikian Semoga Bermanfaat. Salam Pecinta Dunia Teater

0 Response to "Prosedur Pementasan Teater, Dan Penjelasan Teknik Seni Teater Dan Prosedur Berkarya Seni Teater"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel