Macam-Macam Peralatan Lukis

source pixabay.com


Apakah kalian tahu, bahwa mengumpulkan dan menyiapkan peralatan lukis adalah hal wajib dilakukan sebelum melukis. Karena agar suasana hati dan pikiran sudah tidak ragu dan buru-buru untuk menyiapkannya nanti. Karena saat melukis sendiri suasana hati dan pikiran harus focus ke kanvas dan agar bisa bervisualisasi dengan leluasa.

Karena alat melukis mempunyai kegunaaan dan fungsinya masing-masing. Ada banyak alat dan bahan lukis tapi yang sering digunakan pada umumnya hanya beberapa, berikut alat dan bahan lukis beserta fungsinya pada umumnya, yuk simak

Alat Lukis 

1. Kuas
source, pixabay.com

Kuas adalah alat yang sangat penting untuk melukis. Bagaimana kita bisa melukis jika kuas saja belum ada. Banyak sekali motif dari kuas itu tersendiri ada yang tipis dan lembut  ada juga yang besar dan Panjang tergantung dari pemakaiannya sendiri saat melukis.

2. Kanvas 
source, pixabay.com

Kanvas adalah alat yang digunakan untuk melukis. Karena benda ini sendiri mempunyai fungsi sebagai media wadah objek dari karya lukis itu sendiri. Selain kanvas ada juga benda yang digunakan untuk pengganti kanvas, seperti contoh kertas yang tebal agar cat nya tidak terserat dalam hingga menyebabkan kertas robek.

3. Palet
source, pixabay.com


Palet sendiri mempunnyai fungsi sebagai tempat untuk mewadahi cat tersebut. Palet juga bisa digunakan untuk wadah mengkombinasikan beberapa cat agar menjadi suatu warna yang unik. Palet yang bagus adalah palet yang teraas licin agar cat seperti cat minyak tidak mudah terserap.

4. Pisau Palet
source, pixabay.com


Pisau palet biasanya digunakan untuk mengaduk cat di palet. Tapi beberapa mastah-mastah pelukis biasanya digunakan untuk menggantikan alat kuas dan bisa meratakan dengan rapi cat dikanvas yang terlihat ketebalan, pisau palet ini cocok sebagai melukis karya seni abstrak.

5. Easel 
source, pixabay.com

Easel digunakan sebagai penstabil kanvas, agar kanvas tidak tergoyang easel menjepit kanvas. Tanpa easel melukis sebenarnya juga tidak apa-apa, asalkan saat melukis sudah berdiri dengan tegak. Easel biasanya sering digunakan oleh pelukis saat objek lukisnya ada didepan.


Bahan Lukis

1. Cat Air
Cat air merupakan cat yang bahannya dari air yang digunakan sebagai pelarut pigmen dari warnanya. Biasanya digunakan dengan dengan air, wajar sekali jika cat ini transparan dan gampang sekali pudar.dan luntur.

2. Cat Minyak
Cat minyak merupakan cat yang berbahan minyak, jadi biasanya sering digunakan dengan mencampurkan minyak sebagai fungsi pengikat pigmen warnanya. Cat minyak juga mempunyai bau yang menyengat, tetapi cat minyak ini sering digunakan karena mempunyai gradiasi yang tinggi, wajar sekali sekali jika hasilnya akan terlihat sangat nyata.

3. Pensil Warna
Pensil warna merupakan jenis pensil yang digunnakan sebagai melukis. Pensil warna juga mudah dan simple untuk cara penggunaanya. Biasannya sering digunakan untuk anak-anak. Namun pennggunaannya harus lewat media kertas. 




Banyak sekali peralatan dan bahan lukis lainnya, tetapi yang kita bahas diatas adalah yang sering digunakan pada umumnya dan mudah cara penggunaannya. Peralatan dan bahan diatas juga tersedia di toko-toko alat sekolah atau toko biasa dan terjangkau murah.

Jika anda mempunyai hobby melukis wajar jika alat dan bahas diatas sering anda jumpai. Alat dan bahan tidak mempunyai syarat untuk membuat karya lukis anda terlihat elegan, yang terpenting adalah murni dari kemampuan melukis yang anda miliki, jadi latih terus kemampuan lukis anda agar hasil karya anda juga berkembang.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami, jika ada kekurangan tentang blog kami kami mohon maaf dan komen artikel ini agar blog ini berkembang. Sekian dan terima kasih.


Baca Juga : 

1 Response to "Macam-Macam Peralatan Lukis "

  1. entah kenapa ane merasa iri dengan org yg pinter lukis atau gambar,
    soalnya ane gk bisa gambar, tpi senang klo liat gambar/lukisan org.

    jangan lupa kunjungi juga ya
    https://looperday.blogspot.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel