Dasar-dasar dalam Fotografi

Dasar Seni Visual Photography


Dalam penciptaan karya fotografi untuk mencapai sebuah karya fotografi yang bagus selain perlu menekankan pada permainan komposisi dan teknis pemotretan seperti pemilihan objek, penggunaan pencahayaan yang tepat dalam pehaman fotografi.

Teknik-teknik yang digunakan tentunya melalui berbagai pertimbangan teknis pemotretan yang lebih berorientasi pada kemudahan praktis agar karya yang dihasilkan sesuai dengan konsep. Dasar-dasar fotografi memang penting dan tidak dapat dipisahkan. 

Berikut adalah 4 unsur penting dalam dunia fotografi,

1. Pencahayaan
source, pixabay.com

Pencahayaan yang sering digunakan dalam fotografi adalah pencahayaan alami dan pencahayaan buatan, sebagai contoh pencahayaan alami ialah sinar matahari, bintang, maupun cahaya bulan dan cahaya yang bersifat alami lainnya. Pencahayaan buatan ialah cahaya lilin, senter ,maupun lampu studio dan cahaya buatan lainnya.

2. Efek Gerak
source, pixabay.com

Efek gerak dalam fotografi ialah agar karya yang dihasilkan terasa hidup. Dalam gerak adapun gerakan show action, panning, dan stop action

3. Fokus dan Ruang Tajam
source, pixabay.com

Fokus dapat menampilkan gambar yang penting lebih optimal. Melalui fokus akan terlihat apa yang menjadi pokok pembicaraan dalam sebuah foto. Dengan mengatur kedalaman ruang dapat membantu pembentukan dimensi gambar. 

Dengan fokus yang baik dan tepat maka kita dapat mengatur ketajaman gambar, subjek bisa tampil menarik dan ekspresi serta informasi gambar dapat disampaikan dengan sempurna.

4. Komposisi
source, pixabay.com

komposisi dapat mendukung ekspresi dan keindahan susunan bentuk-bentuk dalam sebuah foto. Adapun komposisi dalam fotografi antara lain ialah warna, bidang, bentuk, irama, format, keseimbangan proporsi dan lain-lain.

Hal yang harus dilakukan setelah memahami komposisi ialah harus tau menemukan apa yang harusnya di foto, dan berikut langkah-langkah dalam membuat atau mencipta sebuah karya fotografi dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan dan mudah dipahami.

  1. Kesederhanaan
  2. Kontras / Kuat tak berlebihan
  3. Detail / Ketajaman sempurna
  4. Form / Sederhan tapi kuat
  5. Motion / Aksi
  6. Subjek foto tampak hidup

Dan unsur yang harus kalian pelajari adalah Story, Gaya dan Teknik 

Dalam penciptaan karya fotografi ini tentunya mengalami suatu rangkaian dan proses yang panjang oleh karena itu dalam berkarya seni harus melalui pertimbangan dan perencanaan yang matang.
Seorang fotografer harus dapat melihat dan ikut merasakan suasana sekelilingnya, melihat benda-benda tidak hanya dalam kegunaan dan arti sehari-harinya melainkan juga dalam aspek visualnya yang murni dengan kematangan komposisi.

source, simplenoize.com

Yaaah itulah pembahasan tentang dasar-dasar seni fotografi, memang sepeleh tapi harus kita pelajari jika meminati di bidang fotografi. Karena sangat penting dan berguna untuk pengembangan kedepannya. Jika ada kekurangan kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

1 Response to "Dasar-dasar dalam Fotografi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel