Memahami dan Mengapresiasi Pertunjukkan Musik Tradisional berserta Fungsi dan Teknik

Pernahkah anda menyaksikan pertunjukan musik tradisional? Jika pernah, sangat menarik bukan? Serta tahukah anda, bahwa bangsa Indonesia kaya dengan berbagai musik tradisional yang mencerminkan budaya daerah setempat, lalu dalam pertunjukkannya mencerminkan kekhasan tersendiri yang unik. Dewasa ini disinyalir banyak generasi muda yang meninggalkan dan tidak mengenal lagi musik dan lagu tradisional yang berasal dari daerahnya. Karena itu, mengenalkan dan menghidupkan lagi lagu-lagu daerah setempat adalah tugas kita bersama.

pergelaran music di bali, source : pixabay.com

Definisi Musik Tradisional

Musik tradisional adalah musik yang berkembang di mana daerah music itu terlahir. Di Indonesia, tiap daerah memiliki jenis seni musik yang terlihat dalam instrumen, melodi, ritem, harmoni, warna, maupun bangunan karya musik secara keseluruhannya. Tiap-tiap daerah juga memberikan nama tersendiri untuk seni musikya. Penamaan tersebut terkadang didasarkan jenis instrumen yang digunakan secara dominan.

Pertunjukkan musik tradisional menggunakan properti dan tata panggung yang sederhana, alat musik yang dipakai alat musik tradisional, menggunakan bahasa daerah, pakaian kompak berseragam, gerakan personilnya teratur satu sama lain, tariannya mengandung nilai luhur, memakai kostum sederhana namun menarik, penampilan ditunjukkan sesuai daerahnya, lagu dan tarian yang dibawakan merupakan lagu dan tarian tradisional yang sudah ada sejak dulu, penampilan yang ditunjukkan sesuai dengan daerahnya, dan tata panggung dibuat lebih sederhana. 

classical music tool, source : pixabay.com


Fungsi Pertunjukkan Musik Tradisional

Di hampir seluruh wilayah Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut bisa dilihat dari teknik permainan, penyajian, maupun bentuk instrumen musiknya. Secara umum, fungsi pertunjukkan musik bagi masyarakat Indonesia, antara lain sebagai berikut.

A. Karakteristik alat music tradisional Nusantara
Guna memahami pertunjukkan music tradisional, terlebih dahulu harus memahami alat music tradisional yang dipakai, karena factor Utama yang membedakan antara pertunjukkan music tradisional dengan modern terletak pada alat musiknya. Karakteristik alat music tradisional Nusanara yaitu sebagai berikut.
  1.  Membranafon 
  2. Aerfon
  3. Ideofon
  4. Kordofon


2. Teknik Pertunjukann Musik Tradisional

Pertunjukkan musik harus memerhatikan teknik pertunjukan supaya pertunjukan yang digelar dpat berjalan dengan lancar. 

A. Karya music yang akan dimainkan
Karya music yang akan dimainkan berkaitan dengan tema pertunjukan. Dalam menentukan tema pertunjukan, harus mengadakan pengamatan lingkungan sekitar. Setelah mengamati, anda dapat menentukan tema dari karya yang akan dimainkan.

B. Penempatan pemain di atas panggung (Blocking)
Pemain dalam konteks pertunjukan dapat melibatkan beberapa kelompok, seperti pemain music, penari, pemeran lakon, penyanyi, dan kelompok paduan suara. Penempatan pemain di atas panggung disesuaikan dengan jenis panggung yang digunakan dalam pertunjukan music tradisional. Ada bebrpa jenis panggung pertunjukkan, diantaranya sebagai berikut
  1. Panggung Proscenium, disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi pemain dalam pertunjukan music melalui sebuah bingkai atau lengkung proscenium. Bingkai yang diberi layer atau gorden inilah yang memisahkan wilayah pemain dengan penonton yang menyaksikan pertunjukan dari satu arah.
  2. Panggung Arena, panggung berupa panggung melingkar. Ruang penonton berada di sekeliling ruang Utama. Panggung arena terletak di luar gedung, sehingga penonton dapat melihat pemain music dari segala arah.

C. Aspek psikologis para pemain selama pertunjukan
Aspek psikologis berkaitan dengan mental yang menyangkup keseluruhan ciri-ciri jiwa atau kepribadian seorang pemain. Jika kita berada diatas panggung, pasti merasakan suatu kekhawatiran tidak bias tampil dengan maksimal, atau kurang percaya diri tampil dalam suatu pertunjukan. Salah satu upaya untuk membentuk rasa percaya diri dan mengurangi rasa takut yaitu dengan menguasai materi yang akan kita mainkan sebaik mungkin.

D. Penguasaan permainaan music dan latihan
Sebelum menampilkan pertujukan music diatas panggung, sebaliknya melakukan latihan dan penguasaan permainan music. Apabila anda telah menguasai permainan music dengan baik, maka suatu pertunjukan akan berjalan baik pula.



0 Response to "Memahami dan Mengapresiasi Pertunjukkan Musik Tradisional berserta Fungsi dan Teknik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel