Prosedur Pementasan Teater Tradisional dan Ragam Keunikan pada Seni Peran Teater Tradisional

seni teater souce, liputan6.com


Pemeranan, spontanitas, dan kekuatan improvisasi pemain dalam memainkan cerita merupakan ciri khas dari teater tradisional Indonesia pada umumnya. Selain dari itu, gaya permainan dalam teater tradisional serta dialog yang menjalin cerita dilakukan dengan improvisasi, dimana para pemain menyesuaikan diri dengan alur cerita pada umumnya. Disamping mahir dalam bermain improvisasi, para pemain harus mampu menyanyi sebagai bentuk kelengkapan keahlian dalam bermain teater tradisional. 

 Beberapa keunikan teater tradisional dapat di identifikasi dari bentuk, fungsi, dan sifatnya antara lain sebagai berikut.
  • Perilaku para pemain seni teater tradisional yang berada di atas panggung pastinya bukan merupakan hasil proses latihan atau pun settingan khusus secara terjadwal, tetapi perilaku spontan dari panggung ke panggung.
  • Hampir setiap daerah memiliki teater tradisional yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.
  • Teater tradisional sifatnya sederhana.
  • Beberapa teater tradisional Indonesia masih erat dengan upacara ritual. Namun, ada juga teater jenis ini yang sudah meninggalkan hall-hal tersebut serta beralih fungsi menjadi teater hiburan.

Prosedur Pementasan Seni Teater Tradisional

Teater merupakan salah satu bagian dari karya seni yang dapat dipentaskan. Walaupun seni teater tradisional adalah karya seni yang kuno, seiring berjalannya waktu akan tergeser oleh seni teater yang modern. Namun, masih ada juga masyarakat di daerah yang terus memilahara budayanya sendiri, karena teater merupakan hasil dari budaya daerah yang sekarang ini telah menjadi budaya Indonesia yang patut dilestarikan. Oleh karena itu, merancang sebuah pergelaran seni teater tradisional sekarang memang banyak di minati oleh masyarakatnya sendiri.

Yaaah itulah sedikit pembahasan yang dapat kami sampaikan. Semoga kalian memahami dan mengerti tentang Prosedur pementasan teater tradisional dan ragam keunikan pada seni teater tradisional ini. Semoga ilmu ini bermanfaat walau tidak seberapa, sekian kami akhiri dan terima kasih..

0 Response to "Prosedur Pementasan Teater Tradisional dan Ragam Keunikan pada Seni Peran Teater Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel