Pameran dan Kritik Karya Seni Rupa, beserta Tujuan dan Fungsi

Pernahkah Anda melihat dan mengunjungi pameran seni rupa? Serta tahukah anda apa itu pameran karya seni rupa? Jika tahu tentu sangat indah dan menarik bukan? Pada hakikatnya kegiatan pameran di Indonesia digunakan untuk memammerkan karya-karya seperti dua dimensi dan tiga dimensi yang bertujuan melestarikan budaya tanah air.

Pameran Karya Seni Rupa

Penyelenggaraan pameran dalam konteks pembelajaran seni budaya bias di lakukan baik di sekolah maupun diluar sekolah. Pelaksanaan pameran seni di sekolah dengan menyajikan berupa hasil study oleh para siswa-siswi dari kegiatan pembelajarannya, yaitu pembelajaran kurikuler dan ekstrakulikuler. 

Sedangkan konteks dari pameran dalam arti yang luas, materi pameran disiapkan berupa beberapa jenis karya seni rupa . Sebelum hasil karya seni di persiapkan pada ruang dan tempat pameran, maka perlu adanya persiapan yang matang sebelum pameran, sehingga pada waktu pelaksanaannya nanti dpat berjalan baik tanpa adanya masalah apapun.

Pameran

Pameran seni rupa identic dengan kegiatan berupa penyajian karya seni rupa karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga pastinya dapat diapresiasi oleh warga masyarakat setempat. Pameran merupakan kegiatan yang terangat sangat penting di bidang seni rupa,
Bentuk pameran dapat dikategorikan sebagai berikut.

Berdasarkan tempat dan waktu pameran
  1. Pameran permanen atau tetap, merupakan bentuk pameran yang tidak terikat oleh lamanya waktu dan tidak pernah tutup. Misalnya pada art gallery dan museum.
  2. Pameran rutin, merupakan pameran yang selalu diadakan dalam waktunya tertentu, semisal pameran seni rupa tahunan.
  3. Pameran incidental, merupakan pameran yang diadakan dengan maksud tertentu dan tujuan tertentu yang pastinya tidak terikat pelaksanaannya. Semisal pameran menyambut kunjungan tamu maupun seminar.
Berdasarkan ragam karya yang dipamerkan
  1. Pameran homogen, adalah suatu pelaksanaan pameran seni dengan menampilkan berupa karya seni dari salah satu cabang seni aja. Karya sennya tidak tergantung dari beberapa peserta.
  2. Pameran heterogen, merupakan pelaksana pameran seni yang menampilkan beberapa cabang seni rupa pada tempat dan waktunya.
Berdasarkan jumlah peserta pameran
  1. Pameran tunggal, merupakan pelaksanaan pameran seni yang menampilkan beberapa adanya karya seorang seniman.
  2. Pameran kelompok, merupakan pelaksanaan pameran dengan menampilkan karya dari beberapa seniman dalam satu wadah.

Tujuan dan Fungsi Pameran

Pameran digunakan untuk menampilkan karya seni rupa. Suatu pameran karya seni pasti memiliki suatu tujuan. Adapun tujuan pameran ialah sebagai berikut.
  1. Sebagai rekreasi maupun hiburan bagi masyarakatnya.
  2. Wujud dari hasil praktik seni rupa
  3. Meningkatkan apresiasi seni pada generasi muda.
  4. Mengembangkan rasa cinta pada kebudayaan seni
Adapun fungsi seni rupa sebagai berikut.
  • Sebagai Sarana Apresiasi. Dengan melihat beberapa dari pameran seni, maka pasti akan muncul beberapa tanggapan penilaian dan kritik maupun rangsangan seseorang yang berbuat suatu kekreatifan dalam berkarya seni dan berolah seni.
  • Sebagai Sarana Pembelajaran. Yaaah fungsi pameran sebagai sarana pembelajaran dimaksudkan untuk menanamkan berbagai kesadaran akan nilai pada keindahan pada karya seni.
  • Sebagai Sarana Pencapaian Prestasi. Pameran karya merupakan ajang kompetisi dan prestasi,
  • Sebagai Sarana Rekreasi dan Hiburan. Dengan melihat pameran karya seni pastinya akan merasa hangat dan senang, sehingga akan menimbulkan rasa ketegangan pada batin.

Yaaa itulah beberapa pembahasan yang dapat kami sampaikan. Jika ada kekurangan dari kami, kami mohon maaf dan akan memperbaiki kedepannya. Semoga bermanfaat bagi kalian, sekian dan terima kasih.

    0 Response to "Pameran dan Kritik Karya Seni Rupa, beserta Tujuan dan Fungsi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel